3 Desember 2013

DALIL QUNUT SUBUH DARI BERBAGAI KITAB (2)

Oleh: Pray. Ksn
Bismillahirrohmaanirrohiim

DALIL QUNUT SUBUH DARI BERBAGAI KITAB (1) 

 

Dibawah ini hujjah-hujjah Qunut Sholat Subuh dari berbagai kitab:


7. Kitab Al-Umm Li al-Imam Muhammad bin Idris bin Syafi’I (Imam Syafi’i) Juz 1.


Dalam Kitab Al-Umm Li Imam Muhammad bin Idris bin Syafi’I (Imam Syafi’i) Juz 1 Halaman 351. Imam Syafi’I Rodhiyallahu’ahu mengatakan :


Walaa Qunuuta Fi Syai’in min As-Sholawaati Illa Ash-Shubhu, Illa An Tanzila Naazilatun Fayaqnutu Fi Kullihah Insyaa’a al-Imamu.


Artinya:

“Tidak ada Qunut selain Sholat Subuh kecuali (Adanya Qunut) jika ada balabencana. Maka dipersilahkan membaca Qunut pada seluruhnya (Sholat Fardhu) jika imam menghendaki”.


8. Kitab Al-Bayan Fi Fiqh al-Imam Syafi’I Li al-Imam Yahya bin Khoir al-Umari Juz 2.


Dalam Kitab Al-Bayan Fi Fiqh al-Imam Syafi’I Li al-Imam Yahya bin Khoir al-Umari Juz 2 Halaman 239. Al-Imam Yahya bin Khoir al-Umari Rodhiyallahu’anhu menjelaskan :


Wasunnatu An Yaqnuta Fi Ash-Sholaati Ash-Shubhi ‘Indanaa Fi Jamii’id Dahri Wabihi Malikun Wa Al-‘Auza’I Wa Ibnu Abi Lailaa, Wa Al-Hasan Ibnu Sholihin Warowaahu Asy-Syafi’I ‘Anil Khulafaa’I al-Arba’ati, Wa Anas. Wadaliilunaa: Maa Rowaa Abu Dawuda Fi Sunanihi ‘An Anasin : Annahu Su’ila Hal Kaana Rosulullahi Shollallahu’alaihi Wasallam Yaqnutu Fi Ash-Shubhi? Qoola : Na’am. Faqiila Lahu : Qobla ar-Rukuu’I Aw Ba’dahu? Faqoola : Bal Ba’da ar-Rukuu’i.


Artinya:

“Dan disunnahkan membaca Qunut dalam Sholat Subuh menurut kami pada sepanjang zaman dan dengan dasar ini Imam Malik, Imam al-Auza’I, Ibnu Abi Laila dan Hasan bin Sholah dan telah meriwayatkan Imam Syafi’I dari kholifah yang empat dan Anas. Dan adapun dalil kami adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abi Daud dalam Sunannya diriwayatkan dari Anas, Bahwasannya Anas pernah ditanya, “Apakah Rosulullah Sholallahu’alaihi Wasallam BerQunut dalam Sholat Subuh? Jawab Anas: Ya. Ditanya kepada Anas sesudah atau sebelum rukuk? Jawab Anas : Ya, sesudah Rukuk”.


9. Kitab Roudhotu al-Tholibin Li Al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syarof al-Nawawi Juz 1.


Dalam Kitab Roudhotu al-Tholibin Li Al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syarof al-Nawawi Juz 1 Halaman 358. Imam Abi Zakaria Yahya bin Syarof al-Nawawi menjelaskan :


Wahuwa Mustahabbun Ba’da Ar-Rof’I Min Ar-Rukuu’I Fi Ar-Rok’ati Ats-Tsaaniyati Min Ash-Shubhi.


Artinya :

“Dan Qunut itu disunnahkan sesudah bangun dari rukuk pada raka’at kedua dalam Sholat Subuh”. 

10. Kitab Nihayatu Al-Muhtaj Li al-Imam Abi ‘Abbas Ahmad bin Hamzah al-Romli Juz 1.

Dalam Kitab Nihayatu Al-Muhtaj Li al-Imam Abi ‘Abbas Ahmad bin Hamzah al-Romli Juz 1 Halaman 502-503, beliau lebih dikenal dengan sebutan Syekh Romli, Menjelaskan: 

(Wa Yusannu al-Qunuutu Fi I’tidaali Tsaaniyati Ash-Shubhi). Ba’da Ityaanihi Bidzikri Ar-Rootibi Kamaa Dzakarohu al-Baghowiyyu Wa Naqolahu ‘Anni Nashi. Wal Ashlu Fi Dzalika Maa Tsabata ‘Anhu Shollallahu’alaihi Wasallam. (Annahu Lam Yazal Yaqnutu Fi Ash-Shubhi Hatta Faaroqo ad-Dunyaa). 
Artinya:

“Dan disunnahkan membaca Qunut dalam I’tidal kedua Sholat Subuh. Sesudah dating dengan sebutannya (Qunut Rotibah) sebagaimana telah menjelaskannya Imam Baghowi dan beliau menukilkannya dari Nash. Dan dasar pada yang demikian itu, adalah apa yang telah tetap dari Nabi Shollallahu’alaihi Wasallam bahwasannya beliau senantiasa Qunut dalam Sholat Subuh sampai beliau meninggal dunia”. 
11. Kitab al-Takrirotu al-Syadidah Fi al-Masail al-Mufidaah Li al-Habib Hasan bin Ahmad al-Kaf. 

Dalam Kitab al-Takrirotu al-Syadidah Fi al-Masail al-Mufidaah Li al-Habib Hasan bin Ahmad al-Kaf Halaman 244. Beliau mengatakan: 
(Faa’idatun). Al-Qunuutu Qismaani : 1. Qunuutu Rootibatin Wahuwa Fi Maudhi’aini : (1). Fi I’tidaali Tsaani Minash Sholaati Aal-Fajri. (2) Fi al-I’tidaali al-Akhiiri Lisholaati al-Witri Fi An-Nishfi Ats-Tsaani Min Romadhoona. 2. Qunuutu Naazilatun : Yusannu Fi Jamii’I al-maktuubaati Idzaa Nazala Naazilatun Bil Muslimiina Fi Ayyi Makaanin, Wa Laa Yusytarotu An Yakuuna Fi Mahalli An-Naazilati. 
Artinya:

“(Suatu Faidah). Adapun Qunut itu terbagi dua bagian yaitu :

  1. Qunut Ratibah. Terbagi pada dua tempat yaitu:

(1). Pada I’tidal yang kedua dari pada Sholat Subuh.

(2). Pada I’tidal akhir bagi sholat witir dalam setengah yang kedua dari pada Bulan Ramadan.

2.  Qunut Nazilah, disunnahkan pada semua sholat Fardhu apabila turun musibah bagi orang Muslim dimana tempat dan tidak di isyaratkan pada tempat turunnya bencana.

12. Kitab Al-Fiqh Manhaji Li Duktur Musthofa al-Khin, Duktur Musthofa al-Bugho, Syaikh Ali Syarbajiy. 
Dalam Kitab Al-Fiqh Manhaji Halaman 146. Duktur Musthofa al-Khin, Duktur Musthofa al-Bugho, Syaikh Ali Syarbajiy mengatakan : 

Wa Tu’adda Sunnata al-Qunuuti Bi’an Yutsniya al-Musholli ‘Ala Allahi Ta’ala Wa Yad’uuhu Bi’ayyi Lafdzi Sya’a, Ka’an Yaquulu : “Allahummaghfirlii Yaa Ghofuur”. Walakin Al-Kamaala Fi Ada’ihaa Yakuunu Biltizaami Ad-Du’ai Al-Waridi ‘An Rosuulillahi Shollahu’alaihi Wasallama Fi Dzalika. 

Artinya:

“Dan melaksanakan kesunnahan Qunut dengan bahwa memuji orang yang sholat atas Allah Ta’ala dan dia berdoa (Qunut) dengan lafadz apasaja, seperti dia membaca: “Allahummaghfir Lii Yaa Ghofuur”. Akan Tetapi yang sempurna dalam melaksanakan Qunut dengan melazimkan doa yang warid (Yang dating) dari Rosulullah saw pada yang demikian itu”. 

13. Kitab al-Muhadzab Fi Fiqh Syafi’I Li al-Imam Abi Ishaq Ibrohim al-Syiroziy. 

Dalam Kitab al-Muhadzab Fi Fiqh Syafi’I. Halaman 81, al-Imam Abi Ishaq Ibrohim al-Syiroziy mengatakan : 

(Fashlun). Wa As-Sunnatu Fi Ash-Sholaati Ash-Shubhi An Yaqnuta Fi ar-Rok’ati Ats-Tsaaniyati Limaa Rowaa Anas Ibnu Maalikin Rodhiyallahu’anhu. 

Artinya: 
“(Sebuah Fasal). Dan disunnahkan dalam Sholat Subuh membaca Qunut pada Rokaat kedua sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas Bin Malik r.a”.

 

Demikian. Wallahua’lam.
Insyaallah dilanjutkan pada 

DALIL QUNUT SUBUH DARI BERBAGAI KITAB (3)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar