Bismillahirrohmaanirrohiim
DALIL QUNUT SUBUH DARI BERBAGAI KITAB (1)
Dibawah ini hujjah-hujjah Qunut Sholat Subuh dari berbagai kitab:
7. Kitab Al-Umm Li al-Imam Muhammad
bin Idris bin Syafi’I (Imam Syafi’i) Juz 1.
Dalam Kitab Al-Umm Li Imam Muhammad
bin Idris bin Syafi’I (Imam Syafi’i) Juz 1 Halaman 351. Imam Syafi’I
Rodhiyallahu’ahu mengatakan :
Walaa Qunuuta Fi Syai’in min
As-Sholawaati Illa Ash-Shubhu, Illa An Tanzila Naazilatun Fayaqnutu Fi Kullihah
Insyaa’a al-Imamu.
Artinya:
“Tidak ada Qunut selain Sholat Subuh
kecuali (Adanya Qunut) jika ada balabencana. Maka dipersilahkan membaca Qunut
pada seluruhnya (Sholat Fardhu) jika imam menghendaki”.
8. Kitab Al-Bayan Fi Fiqh al-Imam
Syafi’I Li al-Imam Yahya bin Khoir al-Umari Juz 2.
Dalam Kitab Al-Bayan Fi Fiqh al-Imam
Syafi’I Li al-Imam Yahya bin Khoir al-Umari Juz 2 Halaman 239. Al-Imam Yahya
bin Khoir al-Umari Rodhiyallahu’anhu menjelaskan :
Wasunnatu An Yaqnuta Fi Ash-Sholaati
Ash-Shubhi ‘Indanaa Fi Jamii’id Dahri Wabihi Malikun Wa Al-‘Auza’I Wa Ibnu Abi
Lailaa, Wa Al-Hasan Ibnu Sholihin Warowaahu Asy-Syafi’I ‘Anil Khulafaa’I
al-Arba’ati, Wa Anas. Wadaliilunaa: Maa Rowaa Abu Dawuda Fi Sunanihi ‘An Anasin
: Annahu Su’ila Hal Kaana Rosulullahi Shollallahu’alaihi Wasallam Yaqnutu Fi
Ash-Shubhi? Qoola : Na’am. Faqiila Lahu : Qobla ar-Rukuu’I Aw Ba’dahu? Faqoola
: Bal Ba’da ar-Rukuu’i.
Artinya:
“Dan disunnahkan membaca Qunut dalam
Sholat Subuh menurut kami pada sepanjang zaman dan dengan dasar ini Imam Malik,
Imam al-Auza’I, Ibnu Abi Laila dan Hasan bin Sholah dan telah meriwayatkan Imam
Syafi’I dari kholifah yang empat dan Anas. Dan adapun dalil kami adalah hadits
yang diriwayatkan oleh Abi Daud dalam Sunannya diriwayatkan dari Anas,
Bahwasannya Anas pernah ditanya, “Apakah Rosulullah Sholallahu’alaihi Wasallam
BerQunut dalam Sholat Subuh? Jawab Anas: Ya. Ditanya kepada Anas sesudah atau
sebelum rukuk? Jawab Anas : Ya, sesudah Rukuk”.
9. Kitab Roudhotu al-Tholibin Li
Al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syarof al-Nawawi Juz 1.
Dalam Kitab Roudhotu al-Tholibin Li
Al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syarof al-Nawawi Juz 1 Halaman 358. Imam Abi
Zakaria Yahya bin Syarof al-Nawawi menjelaskan :
Wahuwa Mustahabbun Ba’da Ar-Rof’I
Min Ar-Rukuu’I Fi Ar-Rok’ati Ats-Tsaaniyati Min Ash-Shubhi.
Artinya :
“Dan Qunut itu disunnahkan sesudah
bangun dari rukuk pada raka’at kedua dalam Sholat Subuh”.
10. Kitab Nihayatu Al-Muhtaj Li
al-Imam Abi ‘Abbas Ahmad bin Hamzah al-Romli Juz 1.
Dalam Kitab Nihayatu Al-Muhtaj Li
al-Imam Abi ‘Abbas Ahmad bin Hamzah al-Romli Juz 1 Halaman 502-503, beliau
lebih dikenal dengan sebutan Syekh Romli, Menjelaskan: (Wa Yusannu al-Qunuutu Fi I’tidaali Tsaaniyati Ash-Shubhi). Ba’da Ityaanihi Bidzikri Ar-Rootibi Kamaa Dzakarohu al-Baghowiyyu Wa Naqolahu ‘Anni Nashi. Wal Ashlu Fi Dzalika Maa Tsabata ‘Anhu Shollallahu’alaihi Wasallam. (Annahu Lam Yazal Yaqnutu Fi Ash-Shubhi Hatta Faaroqo ad-Dunyaa).
Artinya:
“Dan disunnahkan membaca Qunut dalam
I’tidal kedua Sholat Subuh. Sesudah dating dengan sebutannya (Qunut Rotibah)
sebagaimana telah menjelaskannya Imam Baghowi dan beliau menukilkannya dari
Nash. Dan dasar pada yang demikian itu, adalah apa yang telah tetap dari Nabi
Shollallahu’alaihi Wasallam bahwasannya beliau senantiasa Qunut dalam Sholat
Subuh sampai beliau meninggal dunia”.
11. Kitab al-Takrirotu al-Syadidah Fi al-Masail al-Mufidaah Li al-Habib Hasan bin Ahmad al-Kaf.
Dalam Kitab al-Takrirotu al-Syadidah Fi al-Masail al-Mufidaah Li al-Habib Hasan bin Ahmad al-Kaf Halaman 244. Beliau mengatakan:
(Faa’idatun). Al-Qunuutu Qismaani : 1. Qunuutu Rootibatin Wahuwa Fi Maudhi’aini : (1). Fi I’tidaali Tsaani Minash Sholaati Aal-Fajri. (2) Fi al-I’tidaali al-Akhiiri Lisholaati al-Witri Fi An-Nishfi Ats-Tsaani Min Romadhoona. 2. Qunuutu Naazilatun : Yusannu Fi Jamii’I al-maktuubaati Idzaa Nazala Naazilatun Bil Muslimiina Fi Ayyi Makaanin, Wa Laa Yusytarotu An Yakuuna Fi Mahalli An-Naazilati.
Artinya:
11. Kitab al-Takrirotu al-Syadidah Fi al-Masail al-Mufidaah Li al-Habib Hasan bin Ahmad al-Kaf.
Dalam Kitab al-Takrirotu al-Syadidah Fi al-Masail al-Mufidaah Li al-Habib Hasan bin Ahmad al-Kaf Halaman 244. Beliau mengatakan:
(Faa’idatun). Al-Qunuutu Qismaani : 1. Qunuutu Rootibatin Wahuwa Fi Maudhi’aini : (1). Fi I’tidaali Tsaani Minash Sholaati Aal-Fajri. (2) Fi al-I’tidaali al-Akhiiri Lisholaati al-Witri Fi An-Nishfi Ats-Tsaani Min Romadhoona. 2. Qunuutu Naazilatun : Yusannu Fi Jamii’I al-maktuubaati Idzaa Nazala Naazilatun Bil Muslimiina Fi Ayyi Makaanin, Wa Laa Yusytarotu An Yakuuna Fi Mahalli An-Naazilati.
Artinya:
“(Suatu Faidah). Adapun Qunut itu
terbagi dua bagian yaitu :
- Qunut Ratibah. Terbagi pada dua tempat yaitu:
(1). Pada
I’tidal yang kedua dari pada Sholat Subuh.
(2). Pada
I’tidal akhir bagi sholat witir dalam setengah yang kedua dari pada Bulan
Ramadan.
2. Qunut Nazilah, disunnahkan pada semua sholat
Fardhu apabila turun musibah bagi orang Muslim dimana tempat dan tidak di
isyaratkan pada tempat turunnya bencana.
12. Kitab Al-Fiqh Manhaji Li Duktur Musthofa al-Khin, Duktur Musthofa al-Bugho, Syaikh Ali Syarbajiy.
Dalam Kitab Al-Fiqh Manhaji Halaman 146. Duktur Musthofa al-Khin, Duktur Musthofa al-Bugho, Syaikh Ali Syarbajiy mengatakan :
Wa Tu’adda Sunnata al-Qunuuti Bi’an Yutsniya al-Musholli ‘Ala Allahi Ta’ala Wa Yad’uuhu Bi’ayyi Lafdzi Sya’a, Ka’an Yaquulu : “Allahummaghfirlii Yaa Ghofuur”. Walakin Al-Kamaala Fi Ada’ihaa Yakuunu Biltizaami Ad-Du’ai Al-Waridi ‘An Rosuulillahi Shollahu’alaihi Wasallama Fi Dzalika.
Artinya:
“Dan melaksanakan kesunnahan Qunut
dengan bahwa memuji orang yang sholat atas Allah Ta’ala dan dia berdoa (Qunut)
dengan lafadz apasaja, seperti dia membaca: “Allahummaghfir Lii Yaa Ghofuur”.
Akan Tetapi yang sempurna dalam melaksanakan Qunut dengan melazimkan doa yang
warid (Yang dating) dari Rosulullah saw pada yang demikian itu”.
13. Kitab al-Muhadzab Fi Fiqh Syafi’I Li al-Imam Abi Ishaq Ibrohim al-Syiroziy.
Dalam Kitab al-Muhadzab Fi Fiqh Syafi’I. Halaman 81, al-Imam Abi Ishaq Ibrohim al-Syiroziy mengatakan :
(Fashlun). Wa As-Sunnatu Fi Ash-Sholaati Ash-Shubhi An Yaqnuta Fi ar-Rok’ati Ats-Tsaaniyati Limaa Rowaa Anas Ibnu Maalikin Rodhiyallahu’anhu.
Artinya:
“(Sebuah Fasal). Dan disunnahkan dalam Sholat Subuh membaca Qunut pada Rokaat kedua sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas Bin Malik r.a”.
13. Kitab al-Muhadzab Fi Fiqh Syafi’I Li al-Imam Abi Ishaq Ibrohim al-Syiroziy.
Dalam Kitab al-Muhadzab Fi Fiqh Syafi’I. Halaman 81, al-Imam Abi Ishaq Ibrohim al-Syiroziy mengatakan :
(Fashlun). Wa As-Sunnatu Fi Ash-Sholaati Ash-Shubhi An Yaqnuta Fi ar-Rok’ati Ats-Tsaaniyati Limaa Rowaa Anas Ibnu Maalikin Rodhiyallahu’anhu.
Artinya:
“(Sebuah Fasal). Dan disunnahkan dalam Sholat Subuh membaca Qunut pada Rokaat kedua sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas Bin Malik r.a”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar