Bismillahirrohmaanirrohiim.
Dibawa ini lanjutan hujjah-hujjah Qunut Subuh dari berbagai kitab:
14. Kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhadzab Li al-Imam
an-Nawawi.Juz 4
Dalam Kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhadzab Li al-Imam
an-Nawawi.Juz 4, Halaman 654. Al-Imam an-Nawawi Rohimahullah menjelaskan :
Al-Qunuutu Fi Ash-Shubhi Ba’da Rof’I ar-Ro’si Min Ruku’I
Ar-Rok’ati Ats-Tsaaniyati Sunnatun ‘Indanaa Bilaa Khilaafin, Wa Amma Maa Nuqila
‘An Abi Ibni Abi Huroirota Annahu Laa Yaqnuu Fi Shubhi, Li Annahu Shooro
Syi’aaro Thoo’ifatin Mubtadi’atin Fahuwa Gholatun Laa Ya’uddu Min Madzhabinaa.
Artinya:
“Menurut pendapat kami, Qunut dalam Sholat Subuh sesudah
mengangkat kepala dari rukuk pada rokaat kedua itu adalah sunnah tanpa khilaf
(perbedaan pendapat). Adapun apa yang dinukilkan dari Abi Ali bin Abi Huroiroh
bahwasannya Nabi Shollallahu’alaihi Wasallam tidak Qunut pada Sholat Subuh karena
bahwasannya dia menjadikan sekelompok orang-orang yang bid’ah, niscaya dia itu
keliru tidak dianggap pada madzhab kami”.
15. Kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhadzab Li al-Imam
an-Nawawi.Juz 4.
Dalam Kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhadzab Li al-Imam
an-Nawawi.Juz 4, Halaman 670. Al-Imam an-Nawawi Rohimahullah menjelaskan :
Wahtajja Ashhaabunaa Bi Haditsi Anasin Rodhiyallahu’ahu :
Anna An-Nabiya Shollallahu’alaihi Wasallam Qonata Syahron Yad’uu ‘Alaihim
Tsumma Taroka. Fa Amma Fi Shubhi Falam Yazal Yaqnutu Hatta Faaroqo Ad-Dunyaa.
Haditsun Shohihun Rowaahu Jama’a Minal Hufaadzi Wa Shohhahuuhu, Wa Min Nashsho
‘Ala Shihhatihi Al-Haafidzu Abu Abdillah Muhammad Ibni ‘Aliyil Balakhii Wa
Al-Hakimu Abu Abdillahi Fi Mawaadhi’I Min Kutubihi Wa Al-Baihaqiyu, Warowaahu
ad-Daruqutniy Min Thuruqi Bi ‘Asaaniida Shohiihatin.
Artinya:
“Dan telah berhujjah sahabat-sahabat kami (Yang bermadzhab
Imam Syafi’i), Sesungguhnya Nabi Saw Qunut sebulan mendoakan mereka kemudian
beliau meninggalkannya, maka adapun Qunut dalam Sholat Subuh Maka beliau
senantiasa Qunut sampai beliau wafat. Hadits ini berpredikat Shohih telah
meriwayatkannya oleh jama’ah dari ulama Hufadz dan mereka telah
menshohihkannya. Dan diantara al-Hafidz Abu ‘Abdillah Muhammad bin ‘Ali
al-Balakhi dan al-Hakim Abu Abdillah dari kitab-kitabnya serta Imam Baihaqi dan
telah meriwayatkan oleh Daruqutni dari jalan sanad-sanad shohih”.
16. Kitab Hasyiyah I’anatu al-Tholibin Li Syaikh Abi Bakar
‘Utsman bin Muhammad Syatho al-Dimyati al-Bikri Juz 1.
Dalam Kitab Hasyiyah I’anatu al-Tholibin Juz 1 Halaman 269.
Syaikh Abi Bakar ‘Utsman bin Muhammad Syatho al-Dimyati al-Bikri menerangkan:
Wa Qouluhu : (Wa Sunna Qunuutun Bi Shubhi) Ay Limaa Shohha
Annahu Maa Zaala Yaqnutu Hatta Faaroqo Ad-Dunyaa.
Artinya:
“Adapun perkataannya dan disunnahkan Qunut pada Sholat Subuh
karena apa yang terdapat dalam hadits shohih bahwasannya Rosulullah Saw Qunut
sampai beliau meninggal dunia”.
17. Kitab Mughni al-Muhtaj Ila Ma’rifati Ma’ani al-Fazhi
Minhaj Li al-Imam Syamsuddin Muhammad bin Muhammad al-Khotibb al-Syarbini.
Dalam Kitab Mughni al-Muhtaj Ila Ma’rifati Ma’ani al-Fazhi
Minhaj Juz 1 Halaman 368. Al-Imam Syamsuddin Muhammad bin Muhammad al-Khotibb
al-Syarbini menjelaskan:
(Wa Yusannu al-Qunuutu Fi I’tidaali Tsaaniyati Ash-Shubhi)
Ba’da Dzikri al-I’tidaali Kamaa Dzakarohu al-Baghowiyu Wa Ghoiruhu,
Washowwabahu al-Isnawiyu, Wa Qoola al-Mawardiyyu: Mahallu al-Qunuuti Idza
Farogho Min Qoulihi : Sami’allahu Liman Hamidahu Robbanaa Lakal Hamdu
Fahiina’idzin Yaqnutu.
Artinya:
“(Dan disunnahkan Qunut pada I’tidal rokaat kedua Sholat
Subuh) sesudah dzikir I’tidal sebagaimana telah menyebutkannya oleh Imam
Baghowi dan lainnya. Dan telah membenarkannya oleh Imam Isnawi dan berkata Imam
Mawardi, “Tempat Qunut itu adalah bila telah selesai dari pada bacaan” :
“Sam’allahu Liman Hamidah, Robbanaa Lakal Hamdu”, maka ketika itu membaca
Qunut”.
Dalam Kitab Kanzu al-Rhogibin Halaman
55. Al-Syaikh al-Imam Jalaluddin al-Mahalli menjelaskan:
Wa Yusannu al-qunuutu Fi I’tidaali
Tsaaniyati Ash-shubhi Wahuwa: AllahummaHdiinii Fiiman Hadait …. Ila Aakhirihi.
Artinya:
“Dan disunnahkan Qunut pada I’tidal
rakaat kedua Sholat Subuh yaitu: “Allahummah Diinii Fiiman Hadait …. Sampai
akhir doa Qunut”.
19. Kitab Fathu al-Mu’in Li al-Imam
Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibariy.
Dalam Kitab Fathu al-Mu’in Halaman
20. Al-Imam Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibariy menjelaskan :
(Wa Sunna Qunuutun Bishubhin) Ay Fi
I’tidaali Rok’atihi Ats-Tsaaniyati Ba’da Adz-Dzikri Ar-Rootibi ‘Ala al-Awjuhi
Wahuwa Ila Min Syai’in Ba’du.
Artinya:
“Dan disunnahkan Qunut pada Sholat
Subuh dalam I’tidal pada rakaat kedua sesudah membaca dzikir rotib- atas dasar
berbagai wajah yaitu sampai dengan “Min Syaim Ba’du”.
20. Kitab Nihayatu al-Zain Li Syaikh
Abi ‘Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar bin ‘Arobi al-Bantani al-Jawi.
Dalam Kitab Nihayatu al-Zain Halaman
61. Syaikh Abi ‘Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar bin ‘Arobi al-Bantani
al-Jawi menerangkan :
Wa Sunna Qunuutu Ay Fi I’tidaali
Rok’atihi Ats-Tsaaniyati Ba’da Ityaanihi Bidzdzikri Ar-Rootibi Khilaafan Libni
Al-Farkaahi Fainnahu Yaquulu Laa Ya’tii Bidzdzikri, Wal Ashlu Fi Dzalika Maa
Tsabata Shollallahu’alaihi Wasallam Annahu Lam Yazal Yaqnutu Fi Ash-Shubhi
Hatta Faaroqo Ad-Dunya.
Artinya:
“Dan disunnahkan Qunut yakni sesudah
I’tidal pada rakaat yang kedua sesudah datangnya dzikir yang tetap, berbeda
bagi Ibnu Farkah maka sesungguhnya dia berkata, “Tidak dating Qunut itu sesudah
dzikir rotib dan yang pokok pada yang demikian itu adalah apa yang tetap dari
Nabi Saw bahwasannya beliau senantiasa Qunut pada Sholat Subuh sampai beliau
meninggal dunia”.
21. Kitab Taudhihu al-Ahkam Min
Bulughi al-Marom Li al-Imam ‘Abdullah bin ‘Aabdurrohman al-Basyam Juz 2.
Dalam Kitab Taudhihu al-Ahkam Min
Bulughi al-Marom Juz 2 Halaman 249. Al-Imam ‘Abdullah bin ‘Aabdurrohman
al-Basyam mengatakan :
Wa Amma Daliilu al-Malikiyyati Wa
Syafi’iyyati Famaa Rowaahu Ad-Daaruqutniyyu ‘An Anasin (Anna Nabiyya
Shollallahu’alaihi Wasallam Lam Yazal Yaqnutu Fi Shubhi Hatta Faaroqo
al-Hayaati).
Artinya:
“Dan adapun dalil (Qunut Subuh) pada
Madzhab Maliki dan Madzhab Syafi’I adalah : “Riwayat Imam Daruqutni dari Anas”,
“Sesungguhnya Nabi Saw senantiasa Qunut pada Sholat Subuh sampai beliau
meninggal kehidupan (meninggal dunia)”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar