3 Desember 2013

DALIL QUNUT SUBUH DARI BERBAGAI KITAB (5)

Oleh: Pray. Ksn
Bismillahirrohmaanirrohiim.

DALIL QUNUT SUBUH DARI BERBAGAI KITAB (4) 


Dibawa ini hujjah-hujjah Qunut subuh dari berbagai kitab: 

30. Kitab Tuhfatu al-Ahwadzi Bisyarhi Jami’I al-Turmudzi Li al-Imam Abi ‘Ula Muhammad Abdurrohman al-Mubarokfuri, Juz 2.

Dalam Kitab Tuhfatu al-Ahwadzi Bisyarhi Jami’I al-Turmudzi Juz 2 Halaman 231. Al-Imam Abi ‘Ula Muhammad Abdurrohman al-Mubarokfuri, menjelaskan :

Faroa Ba’du Ahli Al-‘Ilmi Min Ashhaabi An-Nabiyyi Shollallahu’alaihi Wasallam Wa Ghoirihim, Al-Qunuuta Fi Sholaati Al-Fajri. – Qoola : Wakhtilafa An-Naasu Fil Qunuuti Fi Ash-Sholaati Shubhi Fadzahab Aktsaru An-Naasi Minashohaabati Wattabi’iina Faman Ba’duhum Min ‘Ulamaa’I Al-Amshoori ‘Ala Itsbaati al-Qunuuti Fiiha, Qoola : Famimman Ruwainaa Dzalika ‘Anhu Minashohaabati : Alkhulafaa’u Ar-Roosyidiina : Abu Bakriin Wa ‘Umaro Wa ‘Utsmaana Wa ‘Aliyyu Ridhwaanullahi Ta’ala ‘Alaihim Ajma’in, Wa Minashohaabati : ‘Amru Ibnu Yaasarin Wa Ubayyu Ibnu Ka’bin Wa Abu Muusa Al-Asy’ari Wa ‘Abdurrohman Ibni Abi Bakri Ash-Shiddiiqi Wa ‘Abdullah Ibni ‘Abbaasin Wa Abu Huroirota Wa Al-Barroo’u Ibnu ‘Azibi Wa Anasu Ibnu Malikiin Wa Abu Haliimata Mu’adz Ibnu al-Haaritsi al-Anshooriyi Wa Khoffaafu Ibnu ‘Iima’I Ibni Ruhdhoti Wa Ahbaanu Ibnu Shoifi  Wa Sahalu Ibnu Sa’di As-Saa’idiyi Wa ‘Urfajatu Ibnu Syari’I al-Asyja’iyi Wa Mu’aawiyatu Ibnu Abi Sufyaaa Wa ‘A’isyata Ash-Shiddiiqi, Wamina Al-Mukhdhoromiina Abu Roja’I al-‘Athooridiyi Wa Suuwaidu Ibnu Ghoflata Wa Abuu ‘Utsmaana An-Nahdiyi Wa Abuu Roofi’I Ash-Sho’ighi, Wamina At-Taabi’iina Sa’iidu Ibnu Musayyabi Wa al-Hasanu Ibnu al-Hasani Wa Muhammadu Ibnu Siiriina Wa Abaanu Ibnu ‘Utsmaana Wa Qotaadatun Wa Thowuusun Wa ‘Ubaidu Ibnu ‘Umairi Wa Robi’u Ibnu khosaimi Wa Ayyuubu Assakhtiyaanii Wa ‘Ubaidatun As-Salamaani Wa ‘Urwatun Ibnu Az-Zubairi Wa Ziyaadu Ibnu ‘Utsmaana Wa ‘Abdurrohmani Ibni Abi Laila Wa ‘Umaru Ibnu ‘Abdi al-Aziizi Wa Humaidu Ath-Thowiili, Wa Minal ‘A’immati Wa Al-Fuqohaa’I Abu Ishaqo Wa Abii Bakri Ibni Muhammadi Wa Al-Hakamu Ibnu ‘Utaibata Wa Hammadu Wa Maaliku Ibnu Anasin Wa Ahlul Hijaazi Wa al-‘Auza’iyyu Wa Aktsaru Ahli Asy-Syaami Wa Asy-Syaafi’iyyu Wa Ashhaabuhu.

Artinya:
“Maka telah berpendapat sebagian ahli ilmu dari sahabat-sahabat Nabi Saw. Dan selain mereka, bahwa Qunut itu dalam Sholat Subuh. Telah berkata al-hazimi dan telah berbeda pendapat orang-orang dalam Qunut pada Sholat Subuh, maka telah berhaluan kebanyakkan orang dari pada para sahabat, tabi’in dan orang-orang sesudah mereka dari ulama Amshor atas tetapnya Qunut dalam Sholat Subuh dan kami telah meriwayatkannya ketetapan Qunut Subuh itu dari pada sahabat : Khulafaurrosyidin : Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali Rohimahumullah. Dan dari sahabat-sahabat : Amar bin Yasar, Ubay bin Ka’ab, Abu Musa al-Asy’ari, Abdurrohman bin Abi Bakar Sidiq, Abdullah bin Abbas, Abu Huroiroh, Barro’ bin ‘Azib, Anas bin Malik, Abu Halimah, Mu’adz bin Harits al-Anshori, Khoffaf bin ‘Ima bin Rohdhoh, Ahban bin shoifi, Sahal bin Sa’ad al-Sa’idi, Urfajah bin syarih al-Asyja’I, Mu’awiyah bin Abi Sofyan, dan ‘Aisyah As-Sidiq. Dan dari orang yang hidup dizaman Nabi Saw., tetapi tidak melihat Nabi Saw seperti Abu Roja’ al-‘Athoridi, Suwad bin Ghufla, Abu Utsman Nahdiy, Abu Rofi’I Shoighi. Dan Tabi’in : Said bin Musayyab, Hasan bin al Hasan, Muhammad bin Sirrin, Aban bin Utsman, Qotadah, Thowus, Ubaid bin Umair, al-Rob’I bin Khoitsam, Ayub Sakhtayani, Ubaidah Salamani, Urwah bin Zubair, Ziyad bin Utsman, Abdurrohman bin Abi Laila, Umar bin Abdul Aziz, Humaid al-Thowil. Dan dari para Imam, para ulama Fiqh : Abu Ishaq, Abi Bakar bin Muhammad, Hakim bin Utaibah, Hamad, Malik bin Anas, Ulama Hijaz, al-Auzai, Mayoritas Ulama Syam, Imam syafi’I dan para sahabatnya”.

31. Kitab Shohih Ibnu Khuzaimah Li al-Imam Abi Bakrin bin Muhammad bin Ishak bin Khuzaimah Juz 1.

Dalam Kitab Shohih Ibnu Khuzaimah Juz 1 Halaman 338. Diriwayatkan dari Qotadah dari Anas r.a :

Anna an-Nabiyya Shollalahu’alaihi Wasallam : Laa Yaqnutu Illa Idzaa Da’aa Liqowmin Aw Da’aa ‘Ala Qowmin.

Artinya:
“Sesungguhnya Nabi Saw. Tidak berqunut melainkan mendoakan kebaikkan bagi satu kaum atau mendoakan kebinasaan atas satu kaum”.


32. Kitab Sunan Al-Kubro Li al-Imam Abi Bakar Ahmad bin Husain bin Ali Al-Baihaqi Juz 2.

Al-Imam Abi Bakar Ahmad bin Husain bin Ali Al-Baihaqi dalam Kitab Sunan Al-Kubro Juz 2 Halaman 287 meriwayatkan, diriwayatkan dari Robi’ bin Anas, berkata ia :

Kuntu Jaalisan ‘Inda Anasin Faqiila Lahu : Innamaa Qonata Rosuulullahi Shollallahu’alaihi Wasallama Syahron, Faqoola : Maa Zaala Rosuulullahi Shollallahu’alaihi Wasallama Yaqnutu Fi Sholaati Al-ghodaati Hatta Faaroqo Ad-Dunya.

Artinya:
“Aku pernah duduk disisi Anas r.a maka dikatakan kepadanya: Bahwasannya Rosulullah Saw Qunut sebulan, maka Anas r.a menjawab : “Senantiasa Rosulullah Saw Qunut pada Sholat Subuh sampai beliau meninggal dunia”.

33. Kitab Sunan Kubro Li al-Imam Baihaqi juga.

Ibnu Abbas Rodhiyallahu’anhu meriwayatkan:

Kaana Rosuulullahi Shollallahu’alaihi Wasallama yaqnutu Fi Sholaati Ash-Shubhi Wa Fi Witri Al-Laili Biha’ulaa’I Al-Kalimaati. Allahummah Dinii … Ila Aakhirihi (Rowaahu Al-Baihaqi).

Artinya:
“Bahwasannya Rosulullah Saw berqunut pada Sholat Subuh dan pada sholat Witir malam dengan kalimat-kalimat “Allahummah Dinii Fiman Hadait … “ Sampai akhir doa Qunut”. (HR. Imam Baihaqi).

33. Kitab Sunan Kubro Li al-Imam Baihaqi juga.

Imam Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Abbas Rodhiyallahu’anhu beliau berkata :

Anna An-Nabiyya Shollallahu’alaihi Wasallam : Kaana Yu’allimuhum Hadza Ad-Du’aa’a Liyad’uu bihi Fi al-Qunuuti Min Sholaati Ash-Shubhi.

Artinya:
“Bahwasannya Nabi saw mengajarkan kepada mereka doa ini, untuk mendoakan mereka dalam Qunut daripada Sholat Subuh”.

34. Kitab Sunan Kubro Li Baihaqi juga.

Diriwayatkan dari Muhammad bin Hanafiyyah beliau berkata:

Inna Hadzaa Ad-Du’aa’a Kaana Abi Yad’uubihi Fi Sholaati Al-Fajri Fi Al-Qunuuti. (Rowaahu al-Baihaqi).

Artinya:
“Sesungguhnya doa ini (Allahummah Dini Fiman Hadait, sampai akhir doa Qunut) Itulah doa yang dibacakan bapak saya dalam Qunut pada Sholat Subuh”. (HR. Imam Baihaqi).

35. Pendapat Imam Baihaqi akan ini :

Qoola Al-Baihaqiyyu : Fadalla Hadzaa Kulluhu ‘Ala Anna Ta’liima Hadzaa Ad-Du’aa’I ‘Ani An-Nabiyyi Shollallahu’alaihi Wasallama Waqo’a Liqunuuti Sholaati Ash-Shubhi Wa Qunuuti Al-Witri.

Berkata Imam Baihaqi : “Semua (Riwayat) ini menunjukkan bahwasannya Nabi saw. Mengajarkan doa Qunut ini, dan mengamalkannya pada Sholat Subuh dan Sholat Witir”.

36. Imam Baihaqi dan Imam Daruqutni meriwayatkan :

‘An Anasi Ibni Maliki : Anna An-Nabiyya Shollallahu’alaihi Wasallama Qonata Syahron Yad’uu ‘Alaihim Tsumma Taroka. Fa amma Fi Shubhi Falam Yazal Yaqnutu Hatta Faaroqo Ad-Dunyaa.

Artinya:
“Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a bahwasannya Rosulullah Saw berqunut sebulan mendoakan celaka bagi orang-orang itu, kemudian Qunut itu ditinggalkan beliau. Adapun diwaktu Subuh maka beliau selalu Qunut sampai beliau meninggal dunia”.

Wallahua’lam.
Insyaallah dilanjutkan pada 


DALIL QUNUT SUBUH DARI BERBAGAI KITAB (6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar