PENDAPAT SYAIKH DR. YUSUF AL-QARADHAWI: SELURUH DUNIA ADALAH
ASY’ARIYAH
Oleh: Pray. Ksn
Bismillahirrohmaanirrohiim.
عقيدة
الأزهر
وردا على سؤال آخر من أحد الحضور جاء فيه: "بعض الناس يطعن في عقيدة الأزهر الشريف، فما رد فضيلتكم على هذا الكلام؟ قال الشيخ القرضاوي بنبرة استفهام ساخرة: "عقيدة الأزهر الشريف؟!"
Aqidah al-Azhar
Diajuhkan pertanyaan
lain dari salah seorang yang hadir bahwa : “Sebagian masyarakat mengkritik
tentang aqidah al-Azhar asy-Syarif, maka apakah jawaban anda yang terhormat
tentang perkataan semacam ini ?” Syaikh al-Qaradlawi berkata dengan pernyataan yang
mengagumkan mengenai “Aqidah al-Azhar asy-Syarif?”.
ورأى أن من يقول ذلك "فهو يطعن في الأشعرية"، وتابع: "ليس الأزهر وحده أشعريا.. الأمة الإسلامية أشعرية.. الأزهر أشعري والزيتونة أشعري والديوباندي (بالهند) أشعري وندوة العلماء أشعرية ومدارس باكستان أشعرية.. وكل العالم الإسلامي أشعرية".
Saya telah melihat bahwa memang ada orang mengatakan demikian “Yaitu
orang yang mengkritik tentang al-Asy’ariyah”, kemudian beliau berkata : “Al-Azhar
bukanlah satu-satunya yang berfaham Asy’ariyah. .. Umat Islamiyah pun adalah
Asy’ariyah, al-Azhar adalah Asy’ariy, az-Zaituniyyah adalah Asy’ariy,
ad-Deobandi (Di India) adalah Asy’ariy, Nadwah al-‘Ulama adalah Asy’ariyah,
madrasah-madrasah di Pakistan adalah Asy’ariyah, dan seluruh dunia Islam
(Mayoritas) adalah Asy’ariyah”.
وأشار إلى أنه حتى الأشعرية موجودة بالسعودية التي تعد مركز السلفية الوهابية، وقال: "السلفيون مجموعة صغيرة، حتى إذا قلنا السعودية فليس كل السعودية سلفيين، فالحجازيون غير النجديين غير المنطقة الشرقية غير منطقة جيزان وهكذا".
Dan beliau mengisyaratkan hingga Asy’ariyah juga terdapat
di Negeri Saudi yang dianggap sebagai Markas Salafiyah al-Wahabiyah, dan beliau
berkata : “Salafiyah (Orang-orang Wahabi) hanya segelitir saja (Minoritas), hingga
apabila kita katakan Negeri Saudi, maka bukan seluruh Saudi adalah Salafi (Orang-orang Wahabi).
Maka Penduduk Hijaz itu (Asy’ariy) selain Orang-orang Najed, (Penduduk Najed)
pun yang bukan bagian timur, (Yang bagian timur) pun bukan seperti di wilayah
Jizan, begitulah seterusnya”.
وأضاف: "فإذا أخذنا بالأغلبية، فإن أغلبية الأمة أشعرية.. هذه كلها اجتهادات في فروع العقيدة، والكل متفق على شهادة أن لا اله إلا الله وأن محمد رسول الله وعلى النبوة في الإيمان بالله وكتبه ورسله وفي اليوم الآخر".
Dan beliau menambahkan : apabila kita mengambil perkiraan,
maka sesungguhnya perkiraan mayoritas umat adalah ‘Asy'ariyah, ini semuanya hanya
ijtihad-ijtihad dalam masalah cabang aqidah (Furu’ aqidah), dan semua bersepakat
atas Syahadatain (Persaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan
Allah, dan juga terhadap kenabian (begitu pun) didalam beriman kepada Allah, kitab-Nya, rasul-Nya dan
hari Qiamat.
وشدد على أن "هذه الاختلافات لا ينبغي أن نكفر بها أحدا
وشدد على أن "هذه الاختلافات لا ينبغي أن نكفر بها أحدا
Dan beliau menekankan bahwa “ini semua hanya
masalah ikhtilaf yang tidak sepatutnya kita mengkafirkan disebabkan ikhtilaf hal itu kepada seseorang muslim”.
Demikian. Wallahua'lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar